peluang usaha

Besaran Pokok, Besaran Turunan

Besaran fisika adalah ukuran fisis suatu benda yang dinyatakan secara kuantitas. Besaran fisika dibagi menjadi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Sistem satuan besaran fisika pada prinsipnya bersifat tetap dan berlaku universal. Sistem satuan standar ditetapkan pda tahun 1960 di Sevres, Swiss.

Besaran Pokok
Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain. Tujuh besaran pokok tersebut adalah:
NO    BESARAN POKOK    SATUAN SI/MKS              SATUAN CGS
1.       Panjang                          meter (m)                       centimeter (cm)
2.       Massa                            kilogram (kg)                  gram (g)
3.       Waktu                           detik (s)                          detik (s)
4.       Suhu                              Kelvin (K)                      Kelvin (K)

5.       Kuat arus                       ampere (A)                     stat ampere (stat A)
6.       Intensitas Cahaya           candela (Cd)                   candela (Cd)
7.       Jumlah Molekul              kilo mol (kmol)                mol (mol)

Besaran Turunan
Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari satuan-satuan besaran pokok, perhatikan contoh berikut ini:
1.    Masa jenis
       Masa jenis merupakan hasil dari massa dibagi volume.
       massa jenis        = massa/volume
                                = kg/m³
2.    Besaran usaha
       Usaha merupakan hasil kali gaya dengan perpindahan.
       Usaha              = gaya × perpindahan
                              = kg. m/s² × m
                              = N × m = Joule (J)
        Perhatikan contoh besaran turunan berikut!
No  Besaran  Turunan    Penjabaran dari  Besaran Pokok       Satuan Sistem MKS
1.    Luas                       Panjang × Lebar                               m²
2.    Volume                   Panjang × Lebar × Tinggi                 m³
3.    Kecepatan              Perpindahan : Waktu                        m/s
4.    Tekanan                 Gaya : Luas                                      pascal (Pa) = N/m²
5.    Momentum             Massa × Kecepatan                         kg.m/s






1 komentar:

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms